Welcome to YuLiana Tuckerz's Blog

Kamis, 14 Juli 2011

Festival Budaya Jepang

Haaai jumpa lagi dengan saya. Kali ini saya akan membahas tentang Festival Budaya Jepang. Kalian semua pasti banyak yang udah kenal dan tahu tentang festival budaya jepang. Yupp festival budaya jepang ini biasanya digambarkan dalam anime ataupun manga. Bahkan di Indonesia sendiri sudah rutin diadakan setiap tahunnya.
Di jepang banyak banget macam-macam festival. Yaa orang-orang jepang memang cinta budaya mereka dan ga mau kalau budaya mereka hilang begitu saja. Kalau yang biasanya kita tahu di anime atau manga, ada yang namanya festival budaya sekolah dan festival budaya umum yang diadakan rutin setiap tahun. Festival Budaya Jepang yang diadakan di sekolah (bunkasai) merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh sebagian besar sekolah di Jepang, dari SMP sampai universitas di mana para siswanya menampilkan prestasi sehari-hari mereka. Orang-orang yang ingin memasuki sekolah itu atau yang tertarik bisa datang untuk melihat seperti apa dan bagaimana suasana sekolah tersebut. Orangtua murid pun juga bisa datang untuk melihat apa yang anak-anak mereka sedang dan telah lakukan.
Di festival budaya sekolah biasanya setiap kelas diwajibkan untuk membuka stan kelas mereka masing-masing. Hal tersebut bisa meningkatkan kerja sama antar siswa di kelas.
Naaah kalau Festival budaya untuk umum biasanya dilakukan malam hari. Banyak stan-stan makanan di festival tersebut dan pada akhir acara biasanya diadakan pesta kembang api.
Perempuan-perempuan jepang biasanya mengenakan pakaian tradisional yukata, obi dan geta (bakiak jepang) ketika datang ke festival tersebut.
Dengan diadakannya festival budaya tersebut, Jepang dapat melestarikan budaya-budayanya mulai dari pakaian, makanan hingga tradisi. Mungkin hal inilah yang harus kita tiru dari negri matahari tersebut agar budaya kita yang tidak kalah indah dan menarik bisa lestari dan dikenal banyak orang emoticon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar